Minggu, 01 November 2009

Huawei E220

Kini hadir Indosat 3.5G Broadband, layanan telekomunikasi bergerak nirkabel dengan teknologi 3.5G (GSM/ UMTS/ HSDPA). Aktivitas berinternet seperti e-mail, chatting, downloading, blogging browsing dll semakin leluasa dengan kecepatan akses hingga 18 Mbps dengan menginstal Indosat Accelerator Client.
Pada kesempatan ini akan saya berikan cara setting Modem Huawei E220 untuk bisa mengakses koneksi interernet.
Berikut ini step by step koneksi internet dengan Indosat 3.5G Broadband memakai modem Huawei E220:
1. Konek modem anda ke Laptop atau PC.

2. Setelah selesai menginstall driver Huawei USB Modem, Double klik ikon Mobile Connect di desktop atau klik Start > All Programs > Mobile Connect .
3. Jika ditanya PIN, silakan isi PIN Sim Card Indosat Broadband anda dengan benar (default 1234).
4. Klik Settings dan kemudian setting Network Connection Settings

5. Klik New

6. Silakan isi nama koneksi dan APN isikan dengan indosat3g (seperti gambar dibawah) kemudian Klik Save

7. Klik Connection

8. Jika langkah 1 sampai 5 berhasil, maka kita akan bisa mengakses internet melalui Indosat 3.5G Broadband. Gambar dibawah menunjukkan tampilan apabila berhasil konek dengan Indsat 3.5G Broadband dengan modem Huawei E220.

Modem Huawei E220 Indosat3G tidak bisa berjalan di Windows Vista? Ya, itulah yang saya rasakan ketika mencoba layanan Indosat3G di Vista. Biasanya ketika modem Huawei E220 Indosat3G dikoneksikan di Windows XP pertama kali, secara otomatis autorun akan berjalan melakukan instalasi driver dan aplikasi Indosat3G pada komputer/notebook. Namun tidak demikian pada kasus Windows Vista. Proses Instalasi driver dan aplikasi tidak bisa berjalan secara otomatis. Selain itu saya juga tidak bisa mengakses modem tersebut.
Akhirnya saya utak atik dan tanya-tanya mbah Google. Yang kita butuhkan adalah komputer dengan windows XP dan sebuah USB flashdisk. Berikut ini adalah langkah-langkah cara instalasi modem Huawei E220 Indosat3G pada Windows Vista:
1. Masukkan modem anda ke komputer dengan sistem operasi Windows XP.
2. Copy semua file yang ada di modem tersebut ke komputer, simpan dalam sebuah folder dengan nama misalnya "Indosat3G".
3. Copy "Indosat3G" ke USB Flashdisk dan pindahkan ke komputer Windows Vista yang akan kita install modem Indosat3G.
4. Setelah dicopy di Windows Vista, masuk ke folder "Indosat3G", jalankan file Autorun.exe. Proses Instalasi driver dan aplikasi Indosat3G akan berjalan hingga selesai. Paling tinggal next-next aja. Akhirnya sebuah shortcut Indosat3G akan muncul di desktop.
5. Sekarang colokkan koneksikan modem Huawei E220 Indosat3G ke komputer Windows Vista tersebut melalui port USB.
6. Buka "device manager" di "Control Panel", atau bisa juga dengan cara klik kanan pada "My Computer" > properties > pilih tab hardware > klik Device Manager. Hehehe, soalnya saya posting di kompie XP, dan saya juga bukan pengguna Vista, jadi agak-agak lupa akses "device manager" di Vista.
7. Kalau sudah masuk "Device Manager", klik kanan pada "Mass Storage Device" yang ada tanda serunya [!] dan pilih "Update Driver Software". Oya sebelumnya pastikan yang konek di komputer melalui port USB hanya modem Indosat3G saja.
8. Kemudian "Browse my Computer", klik "Let me pick" dan hilangkan centang (uncheck) "Show compatible devices"
9. Pilih "Generic USB Host Controller" di Tab Macnufaturer dan pilih "USB Composite Device" di Tab Model.
10. Selesaikan instalasi "USB Composite Device", kemudian biar aman restart komputer.
11. Sekarang harusnya Modem Huawei E220 Indosat3G akan dikenali oleh Vista. Koneksikan kembali modem Indosat3G ke komputer Vista, tunggu sampai ada tanda USB terkoneksi. Sabar aja. Kemudian Klik shortcut Indosat3G yang ada di desktop untuk memulai layanan Internet Broadband Indosat3G.
Hm, Segitu aja dari saya maaf kalau kurang jelas. Kalau ada yang salah kasih tahu ya, atau mungkin ada yang tahu cara lebih simple? Sepertinya langkah-langkah di atas juga berlaku pada semua modem Huawei E220. Ok, selamat internetan….

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kk.. msh punya cd bawaan huawei e220.
ak butuh nih... kirim k email cenil_x@yahoo.com thanks

Anonim mengatakan...

huawei e220 ga ada cd nya, modemnya sekali colok langsung bisa di pake asal udah di setting, sistem plug n play